Kamis, 01 Oktober 2009

PEMADAMAN KEBAKARAN GUNUNG LAWU MENGALAMI KENDALA

Magetan, Penanganan kebakaran hutan Gunung Lawu Magetan yang hingga kemarin, Kamis (01/10) memasuki hari ke-4 diantaranya petugas Balai Konservasi Pemangku Hutan (BKPH) Lawu Selatan dibantu pihak Kepolisian dan Kodim setempat melakukan identifikasi serta pemetaan daerah kebakaran. Tidak hanya itu, turut diterjunkan pula personel dari KRPH Surakarta dan BKSDH Jawa Tengah.

Meski demikian, petugas saat ini mengalami berbagai kendala dalam usaha pemadaman api. Selain lokasi yang sulit dijangkau, jumlah petugas mengalami keterbatasan personel dalam mengantisipasi kebakaran.

Wilayah pegunungan dengan tebing yang curam menjadikan petugas sulit untuk menjangkau lokasi titik api. Ditambah lagi kurangnya peralatan yang memadai jika dibanding pergerakan api yang dalam hitungan jam sangat cepat merambat. Petugas hanya menggunakan ranting daun untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran.

Petugas dengan dibantu warga masyarakat menggunakan peralatan tradisional seadanya berupa sabit, parang dan cangkul saja. Maski demikian hingga saat ini telah berhasil dipadamkan diantaranya di RPH Bedagung Kec Panekan.

Kapolres Magetan AKBP Jakob Prajogo, MSi, SIK saat dikonfirmasi menyatakan petugas masih terus melakukan proses identifikasi sekaligus pemetaan lokasi daerah kebakaran. “Selain itu agar dapat diketahui lokasi pemadaman yang aman bagi petugas serta warga saat melakukan proses pemadaman,” terangnya.

Hingga saat ini total luas hutan yang terbakar belum dapat diketahui. Namun berdasarkan data sementara, lokasi kebakaran yang kini sudah berhasil dipadamkan adalah sekita 146,10 Ha. Termasuk hutan lindung serta konversi produk hutan yang hangus dilalap api. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus meluas mengingat petugas mengalami berbagai kendala dalam usaha pemadamannya.

Pembuatan ilar guna mencegah api menjalar masih terus dilakukan. Bahkan di RPH Sarangan Kec.Plaosan penyekatan dengan lebar 5 meter terus dilakukan hingga sepanjang 10 Km dari titik api yang menjalar di puncak Gunung Lawu.

Rincian Hutan lindung dan konservasi produksi yang terbakar pada area RPH Bedagung yang berhasil di padamkan adalah Petak 51A dengan luas kebakaran 13,1 Ha, petak 52A dengan luas kebakaran 17 Ha, petak 52A dengan luas kebakaran 31 Ha. Petak 73A dengan luas kebakaran 85 Ha.

Sementara itu berbagi personil yang diterjunkan diantaranya BKPH Lawu Selatan dengan berjumlah 8 orang, 1 SST Siaga dari Polres setempat, 1 SST personel TNI dari Kodim 0804 Magetan. Dibantu juga 70 orang sukarelawan yang bersal dari warga sekitar lokasi kebakaran.

Sedangkan petugas dari Jawa Tengah yang mulai kemarin ikut membantu proses pemadaman diantaranya KRPH Surakarta dengan 40 personel Polmob Kehutanan. Ditambah personel dari BKSDH Jawa Tengah dengan jumlah 10 orang..vin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Family & Friends of Magetan News Team