Selasa, 30 Maret 2010

RETAKNYA JEMBATAN BULUGUNUNG MENGKHAWATIRKAN PENGGUNA JALAN

Magetan, MN
Akibat curah hujan tinggi beberapa hari lalu yang mengguyur kawasan Magetan dan sekitarnya berakibat pada retaknya jembatan Desa Bulugunung Kecamatan Plaosan, jembatan ini terletak di jalur poros penghubung transportasi dari arah Kecamatan Poncol, Kawasan Ponorogo dan Kawasan Wonogiri Jawa Tengah menuju Kawasan Magetan kota dan daerah Wisata Sarangan, jadi tidak heran jika jembatan ini setiap harinya ramai di lalui kendaraan. Menurut keterangan salah satu warga yang kebetulan tempat tinggalnya tepat di sebelah jembatan mengatakan keretakan ini terjadi sudah beberapa minggu yang lalu, awalnya hanya terlihat tanda-tanda keretakan dan tidak terlalu kelihatan, namun kenyataanya tiap hari retaknya jembatan terus bertambah dan semakin membesar, sehingga sangat mengkhawatirkan pengguna jalan, sementara ketinggian jembatan mencapai 15 meter lebih dengan panjangnya sekitar 10 meter. “ Paska hujan deras retaknya jembatan ini tidak seberapa, tapi lama-kelamaan kok terus bertambah besar hingga mencapai 5 centimeter. kemungkinan keretakan ini di picu talud jembatan bagian bawah yang sudah keropos karena hanyut terbawa derasnya aliran sungai, akibat pengeroposan tersebut fondasi tidak kuat menahan beratnya beban jembatan sehingga terjadi keretakan.” Ujarnya.
Untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan bagi pengguna jalan dari pihak DPU Magetan memasang rambu-rambu peringatan di kanan-kiri jembatan “ Hati-hati jembatan retak, muatan maksimal 3 ton.”
Di tempat terpisah Ir. Samuri, MT ketika di konfirmasi terkait perbaikan pihaknya mengatakan sementara masih menunggu anggaran, “Saat ini langkah yang baru kami lakukan dengan memasang rambu-rambu peringatan.” Terangnya singkat. (tok)

2 komentar:

  1. Pemda Magetan harus prioritaskan penanganan jembatan itu... jangan nunggu ambruk.

    BalasHapus
  2. lANGKAH YANG DIAMBILK SUDAH TEPAT, APALAGI DIKAITKAN DENGAN UU JALAN, PEMDA MAGETAN HARUS SEGERA AMBIL TINDAKAN

    BalasHapus

Family & Friends of Magetan News Team