Selasa, 27 Juli 2010

LEMAHNYA PEMAHAMAN APARAT PEMERINTAH DESA BANYAK TERSANDUNG MASALAH

Magetan, MN
Banyaknya aparat Desa yang tersandung masalah hukum membuat prihatin berbagai kalangan. Hal ini terjadi karena lemahnya pemahaman administrasi hukum di kalangan aparatur pemerintah Desa. Mereka cenderung apatis terhadap perkembangan aturan, sehingga administrasi pemerintahan Desa yang dilaksanakan lebih cenderung menggunakan system yang biasa mereka jalani selama turun temurun.
Bupati Magetan Drs.Sumantri, MM ketika dikonfirmasi mengatakan banyaknya aparat Desa yang tersangkut hukum juga tak terlepas dari adanya lawan politik yang sengaja mencari-cari kesalahan aparat Desa yang bersangkutan untuk selanjutnya menjatuhkannya, bila ditemukan adanya kesalahan. Aparat Desa yang nakal dan berbuat tidak sesuai aturan juga menhadi salah satu penyebab mereka tersandung masalah hukum.
Mengahadapi permasalahan ini pemkab Magetan telah memberikan sosialisasi sehingga dalam penyelenggaraan system pemerintahan Desa dapat berjalan sesuai rambu-rambu yang ada, seperti pemahaman hukum pidana kepada kepala Desa dan aparatnya. Hal ini sebagai bekal mereka dalam menjalankan roda pemerintahan Desa, sehingga terhindar dari jerat hukum.
Dalam hal pembinaan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah dilakukan pengawasan secara ketat terutama dalam pelaksanaan ADD. Melalui Camat agar diaktifkan kembali konfrensi atau rapat Dinas di masing-masing kecamatanyang selama ini semakin berkurang intensitasnya. (Tok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Family & Friends of Magetan News Team