Rabu, 30 Desember 2009

DEWAN SOROTI PENGADAAN SARANA PRA SARANA DAK PENDIDIKAN

Magetan,MN

Pelaksanaan proyek DAK kabupaten Magetan disorot oleh DPRD Magetan.Ini terkait beberapa permasalahan terutama pada pengadaan sarana dan prasarana sekolah yang mendapatkan kucuran DAK tahun 2009 ini. Dalam pengerjaannya ditemukan fisik yang jelek kualitasnya dan tidak sesuai aturan. Seperti yang terjadi Di SDN Bogem 1 Kecamatan Sukomoro dan beberapa SD lainnya kwalitas bangku dan kursi diduga jauh dari standar mutu yang ditetapkan.

Dari sumber Memo di DPRD Magetan mengatakan dalam RAB untuk pengadaan 1 bangku dengan dua kursi sekitar 600 ribu tetapi dalam realisasinya hanya sekitar 200 ribu saja.dan dalam pengadaannya diduga di tangani oleh oknum anggota dewan.

Di SDN 1 Bogem pengadaan bangku sejumlah 30 bangku dengan 60 kursi.Menurut penjaga sekolah bangku tersebut merupakan pesanan dari Desa Sempol Maospati. Sekolah tinggal menerima jadi saja.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukomoro Kasmini ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengaku belum tahu dan masih akan mengeceknya.Senada dengan Kepala UPTD kepala dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Drs.Bambang Trianto,MM ketika dikonfirmasi dengan enteng menjawab “Ya kalau tidak sesuai biar disesuaikan”

Dari pantauan Memo memang kondisi bangku dan kursi standarnya rendah,bahan kayunya tipis dan terkesan asal-asalan dalam pembuatannya. Terbukti ketika salah satu kursi dan bangku diduduki terdengar suara yang menandakan kurang kokohnya dalam pembuatan.

Menanggapi permasalahan ini Ketua DPRD Magetan Joko Suyono mengatakan dengan kejadian ini biar masyarakat tahu kondisi yang sebenarnya. Selama ini yang dilaporkan yang baik-baik saja seakan tidak ada masalah. Dijelaskan karena apapun bentuknya sarana pendidikan merupakan hal yang penting untuk kecerdasan anak didik di masa mendatang. ”DAK jangan dijadikan lahan empuk bagi oknum yang hanya ingin mengeruk keuntungan saja, tetapi diluar bicara sok bersih dan sok suci”, ujar Joko Suyono. Terkait keterlibatan oknum Dewan dalam pengadaan sarana dan prasarana tersebut Ketua DPRD enggan berkomentar dan masih akan mencari tahu lebih lanjut.”Yang jelas dewan akan mengambil sikap,”ujarnya. Kepala SDN 1 Bogem sampai berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi.(rud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Family & Friends of Magetan News Team