Selasa, 23 Maret 2010

6454 SISWA IKUTI UNAS DI MAGETAN

Magetan, MN
Setelah melalui persiapan dan mematangkan rencana Unas, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memutuskan Unas SMP dan SMA digelar pada Maret. Jadwal tersebut maju sebulan dari biasanya pada April.
Unas Utama SMA dan sederajat digelar pada 22-26 Maret. Untuk ujian susulan bagi yang berhalangan, digelar seminggu sesudahnya, yakni pada 29 Maret-1 April. Sementara, bagi yang tidak lulus, Unas ulangan dilaksanakan pada 10- 14 Mei.
Mulai hari ini Senin (22/03) siswa SMA,MA (Madrasah Aliyah),SMK dan SMA Luar biasa menjalani Ujian nasional secara serentak. Sedang mata pelajaran yang diujikan untuk SMA meliputi mata pelajaran IPA,Rata PenuhBahasa Indonesia, Biologi, bahasa Inggris, matematika, fisika dan Kimia.sedang untuk program IPS yang diujikan matematika,bahasa Inggris, bahasa Indonesia,Sosiologi, geografi dan ekonomi.
Hari pertama Unas di Magetan diawali dengan dilakukannya sidak oleh wakil Bupati Magetan Samsi didampingi oleh PLT Sekda Drs,.Laras dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Drs.Bambang Trianto,MM.
Kepala Dinas Pendidikan Bambang Trianto mengataklan tahun ini di Kabupaten Magetan sebanyak 6454 siswa SMK/SMA mengikuti Unas.yang meliputi dari jenjang SMA sebanyak 2875, SMK 2785 dan MA 794.
Dijelaskan Bambang Trianto untuk pengawas Unas dilakukan dengan sistem silang dimana guru tidak mengawasi di sekolahnya tetapi di sekolah lain demikian sebaliknya.
Tahun ini untuk siswa yang dinyatakan lulus Unas harus memenuhi standar nilai yang ditentukan yaitu 5,50 dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak 2 mata ujian dan minimal 4,25 untuk pelajaran lainnya.Khusus untuk SMK nilai ujian praktek kejuruan harus minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata ujian Nasional..
Sebagai pengawas independent Dinas Pendidikan Magetan menggandeng ,mahasiswa dari Universitas Widya Mandala Madiun.yang ikut memantau jalannya Unas yang terbagi menjadi beberapa sub rayon SMK dibagi 3 sub Rayon dan SMA 4 sub rayon.
Sedang untuk biaya Unas 2010 ini mendapatkan anggaran dari APBN dengan nilai siswa SMA/MA 24,.000,-/siswa dan 20.000,0/siswa untuk siswa SMK.Perbedaan anggaran ini karena jumlah mata pelajaran yang diujikan berbeda.(Rud)

2 komentar:

  1. mg sswa magetan lu2s smw,,,amien!!!!!bwt para pngwas,jgn galak2 ya,,,kasian anak2,,,,(4hari = 3 tahun)WAHYUDI/alumni SMADA 2009

    BalasHapus
  2. kita doakan bersama-sama semoga mereka lulus semua...

    BalasHapus

Family & Friends of Magetan News Team