Selasa, 20 April 2010

KRISIS ENERGI MULAI MENGANCAM

Magetan, MN
Energi Listrik merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa di tinggalkan pada zaman serba mesin seperti yang kita rasakan saat ini. Apabila tidak adanya pengelolaan yang baik serta penghematan tentulah semakin hari akan semakin berkurang dan tidak menutup kemungkinan akan habis.
Menurut Kepala Bidang Energi Ketenaga Listrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Jawa Timur Effendi Ashariyanto saat mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan penghematan energi dan air di Kabupaten Magetan mengatakan, kondisi Indonesia saat ini mengalami krisis kelangkaan pasokan energi, utamanya energi listrik, bahan bakar minyak (BBM) dan gas, di tambah lagi jumlah penduduk yang semakin hari terus bertambah, apalagi saat ini kondisi perilaku pengguna energi dan air yang cenderung boros serta tidak efektif dan efisien dalam pemanfaatnya.
Di katakana Effendi beberapa prinsip penghematan energi dan air serta pengelolaan lingkungan hidup di antaranya tercukupinya kebutuhan pokok energi dan air secara berimbang dan berkeadilan serta hak azasi untuk mendapatkan kehidupan yang layak di ligkungan yang bersih dan sehat.
Selain itu mengindari kecenderungan berlebihan atau kemewahan dalam pemanfaatan energi dan air serta meningkatkan kecenderungan hidup dengan pola peduli terhadap lingkungan. “ Saat ini negara-negara penghasil minyak sudah kesulitan mendapatkan air bersih, seperti yang terjadi di Negara Skotlandia.” Terang Effendi.
Untuk menghadapi krisis yang terjadi di masa yang akan datang telah di kembangkan pengelolaan energi terbaru dari energi angin, air maupun energi panas bumi.
Untuk itulah Effendi berharap penghematan energi harus terus di lakukuan demi anak cucu kita. (tok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Family & Friends of Magetan News Team